Manfaat Dari Bermain SepakBola

Beberapa Manfaat Dari Bermain Sepak Bola

Setiap olahraga pastinya memiliki manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah sepak bola. Olahraga yang dimainkan oleh 2 tim dengan 11 pemain disetiap timnya ini merupakan olahraga yang sangat popular. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukai olahraga ini. Banyak sekali alasan setiap orang menyukai sepak bola, mulai dari rasa senang hingga cara permainannya.  Namun setelah diteliti dan diamati ternyata banyak juga manfaatnya. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bermain sepak bola :

Bermain Sepak Bola Dapat Menambah Tinggi Badan 

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang efektif untuk meninggikan badan. Gerakan lari dan melompat pada permainan ini melatih tulang kaki yang akhirnya merangsang pertumbuhan. Menurut Riset yang dipublikasikan oleh journal of Bone Mineral Research, pria dengan rutinitasnya bermain sepak bola akan memiliki tingkat kepadatan tulang 1.3 kali lebih tinggi. Kepadatan tulang yang tinggi meminimalisir terjadinya osteoporosis, yang membuat badan lebih membungkuk. Maka dengan bermain sepak bola secara teratur bisa meninggikan badan dan mencegah badan bungkuk karena osteoporosis.

Kebugaran Tubuh
Cobalah untuk mengukur VO2max orang yang sering bermain sepak bola dengan seseorang yang jarang bermain sepak bola, lalu cobalah untuk mengajak ia bergabung latihan 2 kali seminggu, kemudian ukur kembali VO2max orang tadi. Menurut Jens Bangsbo dan rekannya, bahwa seseorang yang bermain sepak bola akan memiliki perbaikan VO2max yang signifikan ditambah dengan kecepatan lari dan kebugaran tubuh.

Otot Menjadi Kuat
Kenapa C. Ronaldo ataupun pemain sepak bola lainnya memiliki badan yang berotot? Mungkin inilah penjelasannya: Bermain sepak bola memang dapat meningkatkan kekuatan otot, mulai dari otot kaki, paha, perut dan dada. Otot yang terus dilatih membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah mengalami penyakit persendiaan.

Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal
Tidak ada salahnya jika kita mengatakan bahwa bermain sepak bola itu juga merupakan gabungan dari beberapa jenis olahraga contohnya aerobik yang notabene bagus untuk mencegah kegemukan. Ketika Anda bermain sepak bola, Anda pastinya akan berlari dan melompat. Kegiatan semacam itu dapat membakar kalori yang cukup banyak, sehingga beberapa orang yang hobi bermain sepak bola akan memiliki tubuh yang ideal dan tidak mengalami kegemukan.

Melatih Konsentrasi
Konsentrasi merupakan hal yang penting dalam sepak bola dan kehidupan, keduanya membutuhkan konsentrasi. Ketika bermain sepak bola Anda pasti akan membutuhkan yang namanya strategi menyerang dan bertahan. Ketika kurang konsentrasi, Anda mungkin akan membuat blunder yang cukup merugikan tim Anda sendiri. Sepak bola juga menguji kecepatan dan ketepatan berfikir, disaat itulah koordinasi antara mata, pikiran dengan anggota tubuh lainnya.

Bersosialisai
Dengan bermain sepak bola Anda bisa bertemu dengan orang lain, relasi, dll. Inilah faktor sosial yang merupakan bagian kehidupan yang tidak dapat dipisahkan dengan kesehatan. Orang yang bersosialisasi menurut penelitian akan sangat memiliki harapan hidup yang lebih lama dari pada orang yang jarang bersosialisasi.


 https://www.cekpremi.com/blog/beberapa-manfaat-dari-bermain-sepak-bola/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beruntungnya Orang yang Membaca Al-Quran Setiap Hari

Bahaya Obat-Obat Terlarang dan Efeknya Bagi Tubuh